Rabu, 15 Februari 2012

Framework Web Berbasis Java (ZKross)


Zkoss adalah framework ajax buat agan2 mengembangkan web berbasis java yang bisa menjadikan aplikasi agan2 bersifat RIA (Rich Internet Application), dengan user-interface yang keren dan tanpa javascript dan sedikit pengetahuan pemrograman saja.

ZK menggunakan pendekatan server-centric sehingga sinkronisasi isi dari komponen dan pipelining event2 yang ada (onClick, oncreate) antara klien dan server dilakukan otomatis oleh ZK dan kodifikasi Ajax menjadi transparan (gak usah dipikirin) kepada pengembang aplikasi web. Sehingga, user (yang pake aplikasi) mendapatkan interaktivitas dan kecepatan respon aplikasi yang serupa dengan aplikasi desktop, sementara programmer mendapatkan kemudahan yang serupa pada pengembangan aplikasi desktop gan.

Sebagai tambahan terhadap pemrograman berbasis komponen yang serupa kayak di Swing gan, ZK mendukung juga pembuatan user interface dengan bahasa markup tersendiri bernama ZUML (mirip2 kayak sintaks XML dan HTML).

Zkoss framework java yang udah support Web 2.0. FYI, web 2.0 adalah spesifikasi web dimana transaksi data gak lagi perlu melibatkan reload page. Ini sangat berkaitan dengan AJAX. Nah ZKoss ini, dia udah berbasis AJAX gan, jadi agan-agan bisa pake komponen-komponennya instan. Sejauh yang ane liat, aplikasi Zkoss bakal kurang powerfull kalo kita cuma ngandelin komponen2 Zkoss aja. Ane selalu integrasiin aplikasi yang ane bikin dengan hibernate gan. Tambahan lagi, untuk sisi view, framework ini pake file yang berekstensi .zul , yang bisa juga kita masukin java code inline. tapi ini ribet bagi ane.. jadi ane lebih pilih pake controller dari java nya aja.

Untuk yang belum tahu apa itu zkoss, coba baca dulu ini gan.. en.wikipedia.org/wiki/ZK_(framework).

Catetan Zkoss butuh bandwidth dan resource lebih gede daripada php biasa.


PENAMPAKAN ZKOSS:


http://www.zkoss.org/zkdemo/layout
Untuk menarik minat ente pake zkoss ane kasih penampakan dulu gan di atas, tapi kalo ogah ke tkp, ane kasih skrinsutnya ajah..


Lebih lanjut bisa belajar sendiri dari sini gan: https://sourceforge.net/projects/zk1...1.zip/download

ARSITEKTUR ZKOSS 

Arsitektur ZKoss walaupun agak ribet, masih lebih ribet arsitektur PHP dan ASP.NET
Aplikasi ZK berjalan di server dan dapat mengakses berbagai resource yang ada di back-end, merangkai User Interface dengan komponen-komponen, merespon kepada aktivitas user dan memanipulasi komponen-komponen untuk memperbarui User Interface. Semua dilakukan di server-side.

Sinkronisasi dari state (keadaan) komponen-komponen diantara browser dan server dilakukan secara otomatis oleh ZK, dan transparan terhadap aplikasinya. Ketika berjalan di server, aplikasi dapat mengakses teknologi Java.
Aktivitas user termasuk AJAX dan Server Push, diabstraksikan sebagai object-object dari event. User Interface disusun berdasarkan komponen-komponen seperti POJO.

Perhatiin gan letak database-nya dan browser-nya

Dengan arsitektur server-client fusion, aplikasi tidak berhenti hanya di server, aplikasi dapat lebih lanjut mengembangkan interaktivitas dengan menambahkan fungsi client-side, seperti client-side event handling, kustomisasi visual effect, dan bahkan menyusun user interface tanpa kode sumber yang ada di server. ZK memiliki kemampuan terintegrasi untuk beroperasi pada aplikasi yang berpusat pada server, hingga aplikasi yang berpusat kepada client.


FITUR-FITUR ZKOSS

Framework ZK dipilih karena fitur-fiturnya yanglengkap dan menarik dan tidak dimiliki oleh framework Java Web lainnya.

  1. Mempunyai Fitur-Fitur yang lengkap. Lebih dari 200 off-the-shelf, state-of-art, Web Aksesibilitas kompatibel dengan fitur-fitur komponen Ajax RIA dan serbaguna untuk membuat Aplikasi yang menarik yang memaksimalkan kepuasan pengguna serta efisiensi kerja.
  2. Direct RIA (Rich Internet Application) ZK meningkatkan produktivitas yang memungkinkan memanipulasi langsung dari User Interface, basis data dan sumber daya/resource perusahaan. pengembangan aplikasi web akan terasa mudah dan intuitif seperti halnya pemrograman aplikasi desktop.
  3. Open Source ZK adalah open source Ajax + Mobile Framework. Komunitas pengembang ZK sangat aktif dengan lebih dari 28 terjemahan, 300 artikel / blog, 600.000 baris kode, 2.000.000 & download di lebih dari 190 negara. Walaupun demikian memang terdapat versi Profesional dan versi Enterprise yang berbayar , dimana beberapa komponen andalan bersifat komersil .
  4. ZK juga merupakan solusi standard-compliant. Dengan komponen XUL & HTML compliant, ZK juga aman terhadap serangan eksternal. ZK juga sesuai dengan teknologi JSP, JSF, & Java EE portlet, termasuk kemampuan untuk mengintegrasikan dengan framework lain dan Java IDE.
  5. Kemampuan Markup dan Script ZK dapat dibangun menggunakan Java murni, markup dan / atau bahasa scripting. Dengan XUL / XHTML, kita dapat merancang aplikasi yang sederhana seperti pembuatan halaman HTML dan Java, Groovy dan berbagai bahasa script lainnya yang didukung.
  6. Direct Push ZK menyediakan teknologi intuitif Direct Push yang memungkinkan update secara spontan yang dikirim oleh server ke browser Ajax dan perangkat mobile yang digunakan. Dengan teknologi Direct Push, aplikasi yang responsif dan dinamis dapat dibuat dengan biaya yang minimal.
  7. Pengembangan dan Pemakaian ZK dapat disesuaikan dan diperluas dengan arsitektur plug-and-play modular. Dengan CSS, template dan komponen makro, tampilan dapat berubah secara dramatis tanpa memodifikasi aplikasi. Dengan sejumlah User Interface yang pluggable, setiap pengguna dapat memiliki UI yang terkustomisasi yang dapat diambil dari basis data atau sumber daya lainnya.
  8. Keamanan ZK dirancang dengan teliti & up todate. ZK tidak mudah terkena serangan seperti XSS, malicious JavaScript/injeksi SQL, dari berbagai pengalaman security aplikasi.
  9. Skalabilitas, dan Failover Clustering ZK mendukung skala yang tinggi dan userlist. ZK juga kompatibel dengan clustering serta load balancing di aplikasi server
  10. Mobile Access ZK memperluas jangkauan aplikasi Internet perusahaan untuk 1 miliar perangkat mobile dengan biaya minimal. ZK mendukung Java Mobile, Android, dan berbagai mobile browser.
  11. Enterprise Support ZK dirancang untuk menghemat waktu, pengembangan dan memungkinkan perusahaan untuk mencapai tingkat tertinggi pengalaman pengguna, produktivitas, dan kinerja. Berikut dari beberapa pelanggan yang didukung ZK termasuk Sun Microsystems, Swiss Re, Unisys dan MMC.
Lebih lanjut mengenai fitur2 komponen ZK: http://www.zkoss.org/whyzk/features

SIAPA PENGGUNA ZKOSS

Untuk Demo Framework ZKross langsung ke TKP  http://www.zkoss.org/demo/

Dan Di Indonesia Banyak Kampus yang memakai Framework ZK ini dan di kembangkan menjadi sebuah Aplikasi Web Yaitu :

Aplikasi Semar Kampus  langsung ke TPK http://smartkampus.com/demo
Penampakan Aplikasi Smart Kampus
Halaman Login :

Halan Admin :


DOWNLOAD

Sebelum download, ente diharuskan registrasi dulu gan, tenang aja gratis
Lebih lengkap bisa kemari aja gan: http://www.zkoss.org/download/

Download Distribusi ZK: http://www.zkoss.org/download/zk
Download ZK-Studio (Plugin Eclipse): http://www.zkoss.org/download/zkstudio (Ane saranin yang ini gan, sebelumnya kudu instal juga Eclipse-nya)

ane biasa download zkstudio yang offline gan, biar ntar bisa di-instal lagi kapan2.

Pake Eclipse sih gak wajib gan, cuman bener2 disaranin

download Eclipse Helios (gratis tis tis) dimari gan: http://www.eclipse.org/downloads/pac...ase/helios/sr2 (ane blum coba Eclipse Indigo yg terbaru, jadi ane saranin pakenya yang helios aja dlu gan, ntar ane kasih testimoni dari Eclipse Indigo)

Untuk database, bisa pake apa aja gan, MySQL, PostgreSQL, atau apalah, yang jadi favorit agan. Kalo ane pribadi pake MySQL gan, yang dari XAMPP juga bisa gan.

Untuk web-server biasanya bisa pake tomcat: http://tomcat.apache.org/download-60.cgi
atau glassfish: http://glassfish.java.net/public/downloadsindex.html
kalo ane pake tomcat gan.



Related Posts

Framework

 

© 2011 Cyber Kepri - Designed by Wisnu Cahyoto

About Us | Contact Us